Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 29, 2024, 09:38:30 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 27,572
  • Latest: glfiefs
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 96
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 74
Total: 74

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Air Lindi

Dimulai oleh tj_david, Agustus 04, 2011, 11:32:01 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

tj_david

nanya bang, bung,
ada gak pemanfaatan air lindi yang dihasilkan sampah?
benarkah ada kasus beberapa orang pingsan didalam sumur karena gas air lindi (dari resapan ditanah) ketika mereka menggali sumur?
di INdonesia ada gak sih pengolahan sampahnya, kok rasanya ditumpuk sampai penuh trus pindah ketempat lain?  :kribo:
Tanda tangan

topazo

Air lindi itu sebetulnya kaya hara dan bisa dijadikan pupuk organik... Sayangnya, selain bakteri penyubur dan pengurai, air lindi bercampur dengan bakteri yang "tidak berguna" (makanya baunya busuk)... "Air lindi" yang "murni" berisi bakteri pengurai, baunya seperti yoghurt...

Kasus pingsan karena gas sampah bisa saja terjadi, karena gas sampah mengandung methane dan mungkin gas lain yang membuat pingsan...

Kebanyakan di Indonesia memang memakai teknik Landfill (buang dan tinggalkan, hehehe...) Tapi beberapa Tempat Pembuangan Akhir mengolah sampah lebih dari itu... Salah satunya di TPA Suwung, terkenal dengan Instalasi Pembuangan Sampah Terpadu Denpasar-Badung-Gianyar-Tabanan (IPST Sarbagita)...

BSJS...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

tj_david

bisa buat bikin yogurt dunk?
bisa gak memisahkan bakteri-bakterinya, atau membunuh yang merugikan saja :D mengingat ada yang menguntungkan?
spt politikus kalo sudah tidak menguntungkan dbuang saja:D
Tanda tangan

topazo

Jadi minuman? Ya enggak donk, baunya seperti yoghurt karena bakterinya mirip... Tapi kalo yoghurt kan bahan dasarnya susu, sedangkan lindi itu sampah... Bakterinya juga beda, mungkin aja meskipun sama2 pengurai tapi gak bagus untuk tubuh...

Ada beberapa produk yang berisi bakteri pengurai, jadi kalau ada air lindi busuk, campur dengan bakteri pengurai... Maka bakteri2 ini akan mendesak pertumbuhan bakteri2 negatif dan mempercepat proses penguraian... Akhirnya air lindi akan berkurang baunya...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Monox D. I-Fly

Ngomong-ngomong definisi dari air lindi itu sendiri apa sih?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.