Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 24, 2024, 05:18:15 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 148
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Energy Alternatif dari Magnet permanen

Dimulai oleh Saifuddin, Oktober 26, 2010, 01:33:24 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Saifuddin

Energi alternatif dari magnet merupakan energi yang ramah lingkungan, murah dan efisien. hanya saja belum banyak yang dapat membuatnya, saya katakan demikian sebab sudah ada beberapa orang di dunia yang berhasil membuatnya, salah satunya adalah Parendev Magnetic Motor (anda dapat melihatnya di youtube)

Melalui motor magnet inilah magnet permanen dapat menghasilkan energi.
berikut ini cara kerja sederhana dari motor magnet tersebut. (apabila ada sedikit banyk kata yang tidak logis, mohon untuk dimafkan ya... ;))

Motor magnet terdiri dari beberapa magnet permanen yang tersusun sedemikian rupa baik pada rotor maupun statornya. dari sini akan timbul gaya tolak di antara kedunya yang berlangsung secara terus menerus sehingga menimbulkan putaran secara terus menerus pula sampai magnet itu cukup kuat untuk menolak dan memutar rotor.

Sebenarnya, motor magnetini sudah lama ditemukan bahkan kurang lebih belasan tahun lalu, akan tetapi ga' tahu juga, motor magnet kok tidak sepopuler energi alternatif lainnya ya ???.

Gimana pendapat temen-temen forum dari statement saya ini. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komennya.  ;D

cassle

Ummm, maaf kalo saya rada ngaco, tapi kok kayaknya mirip sama pelajaran SMA dulu ya? kalo gak salah gaya elektromagnetik ya..?

adisae

motor magnet?
kayaknya masih pseudo sains tu..dalam artian baru teori belum ada yang bisa membuatnya..(hanya sebatas klaim2 di you tube)
sepertinya juga menyalahi hukum kekekalan energi..

Zuhri

Kutip dari: adisae pada Oktober 27, 2010, 08:41:48 AM
motor magnet?
kayaknya masih pseudo sains tu..dalam artian baru teori belum ada yang bisa membuatnya..(hanya sebatas klaim2 di you tube)
sepertinya juga menyalahi hukum kekekalan energi..

ya kalo emang bener gitu, menurut anda mungkin nggak kalu alat itu dibuat...?

apakah alat itu termasuk alat yang khayal /pseudo sains saja...?
tapi kalau dibilang menyalahi hukum kekekalan energi bukankah alat itu tidak termasuk ke dalamnya, dalam artian alat ini kan juga mempunyai batasan tertentu untuk berhenti misalnya saja jika kekuatan magnetnya menurun,
ya seperti halnya alat dengan nama "alat gerak abadi" (ini adalah contoh nyata alat yang bergerak terus menerus) yang dipajang di museum2 iptek, bukankah alat tersebut juga bergerak terus menerus tanpa henti, tapi bukan berati alat tersebut akan kekal abadi sampai akhir hayat dapat terus bergerak kan (ya pasti ada penghambt2 tertentu yang menyebabkan alat itu tidak benar2 gerak abadi).

jadi kesimpulannya jika benar kalau motor magnet itu memang telah berhasil dibuat, maka bukan berati alat itu termasuk menyalahi hukum kekekalan energi bukan.....?

adisae

pertama yang perlu ditegaskan
jelas menyalahi hukum kekekalan energi..(jika berjalan)
karena sistem menghasilkan energi dari tidak ada energi..

kedua, alat apakah itu? musium iptek ??? ??? mm musium iptek mana y?

ketiga, pada dasarnya semua desain yang menyatakan sebagai "free energi", yang secara spesifik menyatakan tidak membutuhkan energi dari luar untuk menghasilkan energi adalah melanggar hukum kekekalan energi, dan bisa dipastikan tidak akan jalan..

ahindasyah

jika yang dimaksud motor magnet itu adalah motor DC maka ini bukanlah energi alternatif karena masih memerlukan energi listrik dari luar dan efisiensi motor ini dibawah 100% bukan diatasnya. Tetapi jika yang dimaksud motor magnet ini adalah motor yang memiliki rotor dan statornya berupa magnet permanen, nah.... ini baru energi alternatif. Kalo iya, Saya juga ingin tau konfigurasi kutub stator  dan rotornya.... kalo teman-teman ada yang punya info, bagi-bagi ya? terima kasih ::) ::) ::).

Zuhri

TENTU motor yang dimaksud adalah motor dengan stator dan rotornya terdiri dari susunan magnet permanen semua........, jadi motor ini akan dapat berputar hanya dengan bantuan dari magnet permanen itu sendiri, bukan yang lain seperti halnya listrik atau sejenisnya.

saya sendiri juga masih mencari tahu bagaimana sih caranya agar hal tersebut dapat dilakukan,
saya sudah mencoba-coba beberapa susunan magnet permanen, namun dalam hal ini masih sebatas teori saya doang ;D, belum dicoba untuk dipraktekan :P, kendalanya yang paling utama terletak pada bentuk magnet permanennya itu sendiri yang sesuai kebutuhan saya, sebab zzuuzzzaah bangget njarinyaaa  :'(.
ya... saya sih tidak memastikan apakah teori saya ini dapat bekerja sesuai keinginan, paling nggak dicoba dulu kan ;D, siapa tahu bisa. hehehehehehehheh................. ;D

Zuhri

untuk adisae, eeem....., tepatnya di museum iptek Sundial di bandung, ya emang benar alat itu memerlukan energi yaitu energi gravitasi bumi hehehe........, tapi kalau motor magnet ini kan juga memerlukan energi dari medan magnet itu sendiri... jadi kan bisa dibilang kalau kedua alat tersebut diatas sama-sama memerlukan energi bukan......,

Owww oke lah saya sependapat dengan anda kalau alat tersebut bukan termasuk free energi, tapi setidaknya kan bisa dibilang "alat yang yang dapat menghasilkan energi melalui energi lain (gaya pada magnet) yang lebih efisien dibanding dengan gaya gravitasi

adisae

wah kayaknya perlu lihat lagi pengertian gaya dan energi..

dari aku ada beberapa poin
- bolehlah ada magnet dengan gaya yang sangat besar, tapi selama tidak ada gerakan tidak ada energi yang "dihasilkan"
- posisi tertentu memiliki energi potensial
- perpindahan ke posisi dengan energi potensial lebih rendah akan "menghasilkan" energi
- namun kembali ke posisi semula akan "membutuhkan" energi yang sama dengan yang "dihasilkan" tadi
- kedua hal tersebut adalah pasti dan tidak tergantung dengan jalur perpindahan yang diambil

dari situ sudah jelas dengan adanya effisiensi yang tidak mungkin 100% pengambilan energi ketika benda menuju potensial yang lebih rendah tidak akan sanggup mengembalikan benda itu pada posisi semula..
dan karena itu tidak ada alat gerakan abadi!

Museum Iptek Sundial ??? jangan sekedar klaim gitu ah..
kayak apa alatnya ???
lagian mana mungkin sebuah museum menyimpan alat seperti itu tanpa publikasi mendunia..dengan alasan alat seperti itu (jika ada) pasti menumbangkan hukum fundamental fisika (kekekalan energi)

kalo masih kurang yakin, silahkan coba semua desain free energi, baik yang tenaga grafitasi maupun magnet, atau kalau bisa cukup dihitung saja..

topazo

Coba deh baca pengakuan Sterling D. Alan, seorang rekan dari Mike Bradey, bapak dari Parendev Power di:
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Di sana disebutkan bahwa Bradey sepertinya kurang berdedikasi terhadap rekan2nya dan juga, mesinnya belum pernah secara publik terlihat berjalan. Akhirnya, Parendev AG, perusahaan yang mempunyai teknologi ini, tutup... Bradey pun ditangkap karena dituduh membohongi investor... (liat di [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Jadi, mesin ini tidak pernah bekerja secara nyata...
Saya tahu, tak ada yang abadi di dunia ini karena pada akhirnya kiamat kan tiba, tapi soal perpetual machine/free energy, saya sangat setuju dengan perkataan Nikola Tesla
KutipOne day man will connect his apparatus to the very wheelwork of the universe [...] and the very forces that motivate the planets in their orbits and cause them to rotate will rotate his own machinery.
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

adisae

Masalah Parendev, sepakat s..
cuma masalah rotasi planet berikut dengan evolusinya mengelilingi bintang, bahkan juga rotasi bintang itu sendiri dan evolusinya terhadap pusat galaksi ga ada yang melanggar hukum kekekalan energi kok..
dan selama hukum kekekalan energi belum tumbang..ga ada yang namanya free energi..
atau maksud Nikola Tesla mungkin begini..mengambil energi dari flow energi yang sangat besar..jadi seolah2 pengambilan energi itu tidak berpengaruh pada sistem yang diambil energinya..
namun pada aplikasinya?
aku yakin jika alat itu ada pun harganya akan sangat mahal..!!!
n tetep aja g ada yang namanya free energi.. ;D

topazo

#11
Kutip dari: adisae pada November 08, 2010, 09:22:08 AM
Masalah Parendev, sepakat s..
cuma masalah rotasi planet berikut dengan evolusinya mengelilingi bintang, bahkan juga rotasi bintang itu sendiri dan evolusinya terhadap pusat galaksi ga ada yang melanggar hukum kekekalan energi kok..
dan selama hukum kekekalan energi belum tumbang..ga ada yang namanya free energi..
atau maksud Nikola Tesla mungkin begini..mengambil energi dari flow energi yang sangat besar..jadi seolah2 pengambilan energi itu tidak berpengaruh pada sistem yang diambil energinya..
namun pada aplikasinya?
aku yakin jika alat itu ada pun harganya akan sangat mahal..!!!
n tetep aja g ada yang namanya free energi.. ;D

Kalau menurut saya, maksud Tesla disini adalah mengambil intisari dari alam semesta atau bumi kita secara langsung, iya bener karena kita mengambil energi dari sumber energi yang sangat besar, kita seolah2 tidak mengganggu energi tersebut... (Mungkin bakal ada istilah pseudo-free energy atau pseudo-perpetual machine)

Contohnya gini, bumi berputar, disinari matahari, dan akhirnya berefek terhadap pembentukan angin... Angin di sini merupakan manifestasi energi alam semesta... Jika bisa dibuat sebuah alat yang bisa memanen energi angin secara terus menerus, bukannya itu termasuk "connecting our apparatus to the wheelwork of earth"... contoh alatnya di [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] Di sana mereka mencoba memanen angin di atas stratosfer, yang anginnya memang kencang dan "gak berhenti2". Kalau memang berhasil, alat ini akan jalan terus memanen listrik, dan bertitel "pseudo-perpetual machine" dan anginnya akan menjadi "pseudo-free energy" kecuali akhirnya setiap angin yang bertiup dipajak oleh pemerintah... (maaf kalau OOT)
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

adisae

#12
ga usah jauh sampe pajak dan laen2

mbikin alatnya aja dah mahalnya minta ampun.. (untuk ukuran saya sih ;D )

untuk generator tenaga angin bikinan ITB apa yah (lupa2 inget), butuh biaya diatas 25 juta..(kapasitas dll lupa)

dan mengenai link tersebut s..aku belum bisa liat berapa "harganya", n belum lagi aplikasi di negara kita..
lha wong telekomunikasi yang notabene murah bisa jadi paling mahal sedunia kok..(OOT)
n belum lagi teknologi WiMax, aslinya tu teknologi murah sekali, tapi aplikasinya di Indonesia ??? ??? (muahal booo!!!) (OOT lagii)

topazo

#13
Kalo nanti mentok masalah biaya sih, gak akan selesai nanti perbincangan kita ^ ^ (nanti OOTnya jauh banget heheheh...) (wong mesin Parendev aja investasinya lebih dari 25 juta...)

Yang jelas, di thread ini saya cuman mau berpendapat bahwa, paling tidak kita sebetulnya mampu untuk membuat (pseudo) perpetual machine.
Udahlah, lupakan aja perpetual machine sejati karena gak akan ketemu selama kita masih percaya adanya kiamat... Tapi, pseudo-perpetual machine dan pseudo free energy sebetulnya udah ada di ujung hidung kita... Tinggal bagaimana sebijak mungkin memanfaatkannya...

Kita juga harus ingat... ujung hidung kita meskipun sangat dekat dengan kita, tapi gak akan pernah keliatan kecuali pake cemin heheheh.... (lagi2 OOT)
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

adisae

Kalo mau ada lagi ni
http://www.youtube.com/watch?v=ohap0KAo7kE

monggo untuk dibuat..
dijamin sangat simple dan murah..
jauh lebih murah dari pada yang tenaga magnet..
ga perlu belanja magnet..
kalo berhasil laporan ke sini y.. ;D

(tapi dijamin gag jalan deh..itung aja deferensialnya kalo bisa..)