Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 09, 2021, 11:11:05 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139622
  • Total Topik: 10385
  • Online Today: 43
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 44
Total: 44

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Hemat air, why?  (Dibaca 229166 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Hemat air, why?
« pada: April 24, 2010, 12:53:24 AM »
"kenapa harus hemat air, kan ntar airnya masuk lagi ke tanah, terus masuk lagi ke sumur, terus kita pake lagi? "

pertanyaan dari anak kecil, dan aku bingung jawabnya.

so help me to answer..

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Hemat air, why?
« Jawab #1 pada: April 24, 2010, 02:00:24 AM »
..mungkin maksudnya(orang tua) hemat pada tagihan rekening air kali... ::)
« Edit Terakhir: April 24, 2010, 02:02:42 AM oleh nandaz »
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Hemat air, why?
« Jawab #2 pada: April 25, 2010, 07:00:21 AM »
oke deh tak jawab gt... tp awas ya kalo anakku besok jd kapitalis, bung nandaz yg tak salahkan hehe piss

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Hemat air, why?
« Jawab #3 pada: April 26, 2010, 10:32:11 AM »
...mengajar kan budaya hemat pada anak adalah prinsip bagus lho....(aku tadinya ngga tau bahwa rindono yg jadi ayahnya :P)
...ngomong tentang air, emang bener air tak pernah berkurang selama air itu ada di bumi(jadi kalo bawa galon keluar angkasa airnya tentu saja berkurang ;D)...hal itu disebabkan adanya sirkulasi air yang terjadi terus-menerus, tetapi jalannya sirklus dipengaruhi waktu, nah karena itu adanya kejadian pergantian musim di indonesia, musim kemarau dan hujan...sebagai analisis sementara jumlah air dibumi tetap selagi air itu dibumi... :)

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Hemat air, why?
« Jawab #4 pada: April 26, 2010, 10:35:05 AM »
...air dikatakan habis jika diibaratkan loper koran pengantar korannya belum kunjung tiba, oleh sebab itu harus menunggu air itu tersalur lagi, karena air itu  bergerak dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, tentu banyak liku yang ditempuhnya khan....

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
Re: Hemat air, why?
« Jawab #5 pada: Mei 22, 2010, 08:01:35 AM »
knp bs trjd kkrgn air bersih? apa mslhny lain lagi dgn pnghmtn air?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Hemat air, why?
« Jawab #6 pada: Mei 22, 2010, 01:29:41 PM »
...karena yang dimaksud air bersih adalah air yang terlepas dari proses pembusukkan dan reaksi kimia negatif lain. kalo sekedar air ndiri ada banyak. kayak yang dicomberan dan yang dilangit(awan), kalo yang dilangit kok bisa airnya terbang? karena massa jenis H2O lebih kecil dari udara karena pengaruh evaporasi yang membikinnya berada dalam bentuk beberapa molekul aja, gara2 hal ini ada sayap yang muncul dan membikin air yang berada diseluruh pelosok bumi baik itu air laut, comberan, air Pipxx, dll itu berada dalam bentuk molekul sesungguhnya air(H2O).... ;D

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: Hemat air, why?
« Jawab #7 pada: Mei 22, 2010, 02:27:37 PM »
Hemat air, atau hemat uang untuk bayar tagihan PDAM?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.583
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Hemat air, why?
« Jawab #8 pada: Mei 27, 2010, 06:39:48 AM »
Kerusakan lingkungan menyebabkan air hujan sangat sedikit diserap supaya tersimpan sebagai air tanah, dan air langsung terbuang ke sungai sehingga menyebabkan banjir. Pada pada musim kering persediaan air dalam waduk dan air tanah tidak mencukupi kebutuhan.

Dalam jangka panjang, kebutuhan air bersih akan meningkat terus karena jumlah penduduk naik secara eksponensial, sehingga dunia akan kekurangan air bersih.
HouwLiong

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Hemat air, why?
« Jawab #9 pada: Mei 28, 2010, 10:40:16 AM »
Kerusakan lingkungan menyebabkan air hujan sangat sedikit diserap supaya tersimpan sebagai air tanah, dan air langsung terbuang ke sungai sehingga menyebabkan banjir. Pada pada musim kering persediaan air dalam waduk dan air tanah tidak mencukupi kebutuhan.

Dalam jangka panjang, kebutuhan air bersih akan meningkat terus karena jumlah penduduk naik secara eksponensial, sehingga dunia akan kekurangan air bersih.
Jadi inget rumus y = y0ekt ::)
 ;D

pendapatnya masuk akal juga ya....Pak HL, tetapi kalo ngomong air bersih berarti berbeda dengan air keseluruhan dibumi, mungkin bisa dianalogikan dalam ekonomi, air bersih adalah netto sedangkan air tak bersih bruto dan jumlah air bruto +netto = total air dibumi (ada dibumi dan tidak berkurang selama masih berada dibumi).. ::)

Offline raiiiz

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Hidup itu indah :D
Re: Hemat air, why?
« Jawab #10 pada: Juni 09, 2010, 04:14:10 AM »
air di bumi emang selalu tetap, tapi bayangkan kalo air dalam bentuk es di kutub mencair semua, bumi akan sempit dan kelebihan air, sebaliknya kalo banyak yang jadi es, ntar kekurangan air dan jadi kayak zaman es dulu ya? haha
~~~Take it Easy~~~

Offline Adelia.rike351

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 63
  • IQ: 15
  • Gender: Wanita
  • I love science
Re: Hemat air, why?
« Jawab #11 pada: Juni 09, 2010, 08:50:30 AM »
iya juga sih, kan jumlah air di dunia itu konstan.
yah mungkin kan perlu proses pembersihan gitu, kan lama. Kalo lama kan anak2 suka ga sabaran. Jadi suruh hemat air

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Hemat air, why?
« Jawab #12 pada: Juni 10, 2010, 04:11:23 AM »
...ada yang tau berapa perbandingan air tawar dan air laut? ??? perasaan dulu pernah baca tetapi lupa berapa, dan kalo ngga salah juga ada perbandingan air tawar yang ada di kutub utara jauh lebih banyak dari pada diseluruh daratan, sungai, danau , dll

Offline mochasa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 2
Re: Hemat air, why?
« Jawab #13 pada: Oktober 08, 2010, 09:31:25 PM »
yg jls 2/3 wilayah indonesia adlh air.
jls sekali perbandinganny air laut jauh lbh bnyk drpd air tawar

Offline bioboys

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 0
Re: Hemat air, why?
« Jawab #14 pada: April 14, 2011, 11:17:08 AM »
numpang komen bang. mf lw salah maklum baru belajar hehehe. setau saya memang betul air jumlahnya dibumi itu tetap tapi dalam bentuk yang berbeda bisa dalam bentuk uap air, es, salju dan lain-lainnya. terus knpa kita mesti menghmt bahkan perlu mengadakan konservasi tentang air, menurut saya kuantitas air memang banyak dan konstan tetapi kualitas air yang bisa mengalami penurunan. bisa dibayangkan pertambahan jumlah penduduk yang terjadi tentunya menambah kebutuhan akan air, ditambah lagi dengan pembangunan yang berkembang pesat yang mengubah daerah serapan menjadi daerah pemukiman sehingga air sepertinya butuh diadakan konservasi agar kualitas dan kuantitas tetap terjaga untuk memenuhi kebutuhan manusia. jd, tidak salahnya kita untuk menghemat air. seperti kata iklan "Hemat Beb" hehehe

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Air

Dimulai oleh mr.zero « 1 2 » Kimia

22 Jawaban
25814 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 23, 2009, 01:29:27 PM
oleh dewa ruci
Air

Dimulai oleh superstring39 « 1 2 » Kimia

15 Jawaban
19950 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 19, 2010, 01:20:39 AM
oleh hawari
Hemat energi?

Dimulai oleh reborn Fisika

14 Jawaban
11388 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2008, 10:23:30 AM
oleh fitrie
6 Jawaban
4425 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2011, 01:37:25 AM
oleh superstring39
4 Jawaban
171592 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2014, 03:56:43 PM
oleh Monox D. I-Fly