Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 22, 2024, 10:45:36 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 209
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 64
Total: 64

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Hemat air, why?

Dimulai oleh riandono, April 23, 2010, 09:53:24 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

riandono

"kenapa harus hemat air, kan ntar airnya masuk lagi ke tanah, terus masuk lagi ke sumur, terus kita pake lagi? "

pertanyaan dari anak kecil, dan aku bingung jawabnya.

so help me to answer..

nandaz

#1
..mungkin maksudnya(orang tua) hemat pada tagihan rekening air kali... ::)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

riandono

oke deh tak jawab gt... tp awas ya kalo anakku besok jd kapitalis, bung nandaz yg tak salahkan hehe piss

nandaz

...mengajar kan budaya hemat pada anak adalah prinsip bagus lho....(aku tadinya ngga tau bahwa rindono yg jadi ayahnya :P)
...ngomong tentang air, emang bener air tak pernah berkurang selama air itu ada di bumi(jadi kalo bawa galon keluar angkasa airnya tentu saja berkurang ;D)...hal itu disebabkan adanya sirkulasi air yang terjadi terus-menerus, tetapi jalannya sirklus dipengaruhi waktu, nah karena itu adanya kejadian pergantian musim di indonesia, musim kemarau dan hujan...sebagai analisis sementara jumlah air dibumi tetap selagi air itu dibumi... :)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

nandaz

...air dikatakan habis jika diibaratkan loper koran pengantar korannya belum kunjung tiba, oleh sebab itu harus menunggu air itu tersalur lagi, karena air itu  bergerak dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, tentu banyak liku yang ditempuhnya khan....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

alf

knp bs trjd kkrgn air bersih? apa mslhny lain lagi dgn pnghmtn air?

nandaz

...karena yang dimaksud air bersih adalah air yang terlepas dari proses pembusukkan dan reaksi kimia negatif lain. kalo sekedar air ndiri ada banyak. kayak yang dicomberan dan yang dilangit(awan), kalo yang dilangit kok bisa airnya terbang? karena massa jenis H2O lebih kecil dari udara karena pengaruh evaporasi yang membikinnya berada dalam bentuk beberapa molekul aja, gara2 hal ini ada sayap yang muncul dan membikin air yang berada diseluruh pelosok bumi baik itu air laut, comberan, air Pipxx, dll itu berada dalam bentuk molekul sesungguhnya air(H2O).... ;D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

heru.htl

Hemat air, atau hemat uang untuk bayar tagihan PDAM?

The Houw Liong

Kerusakan lingkungan menyebabkan air hujan sangat sedikit diserap supaya tersimpan sebagai air tanah, dan air langsung terbuang ke sungai sehingga menyebabkan banjir. Pada pada musim kering persediaan air dalam waduk dan air tanah tidak mencukupi kebutuhan.

Dalam jangka panjang, kebutuhan air bersih akan meningkat terus karena jumlah penduduk naik secara eksponensial, sehingga dunia akan kekurangan air bersih.
HouwLiong

nandaz

Kutip dari: The Houw Liong pada Mei 26, 2010, 03:39:48 PM
Kerusakan lingkungan menyebabkan air hujan sangat sedikit diserap supaya tersimpan sebagai air tanah, dan air langsung terbuang ke sungai sehingga menyebabkan banjir. Pada pada musim kering persediaan air dalam waduk dan air tanah tidak mencukupi kebutuhan.

Dalam jangka panjang, kebutuhan air bersih akan meningkat terus karena jumlah penduduk naik secara eksponensial, sehingga dunia akan kekurangan air bersih.
Jadi inget rumus y = y0ekt ::)
;D

pendapatnya masuk akal juga ya....Pak HL, tetapi kalo ngomong air bersih berarti berbeda dengan air keseluruhan dibumi, mungkin bisa dianalogikan dalam ekonomi, air bersih adalah netto sedangkan air tak bersih bruto dan jumlah air bruto +netto = total air dibumi (ada dibumi dan tidak berkurang selama masih berada dibumi).. ::)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

raiiiz

air di bumi emang selalu tetap, tapi bayangkan kalo air dalam bentuk es di kutub mencair semua, bumi akan sempit dan kelebihan air, sebaliknya kalo banyak yang jadi es, ntar kekurangan air dan jadi kayak zaman es dulu ya? haha
~~~Take it Easy~~~

Adelia.rike351

iya juga sih, kan jumlah air di dunia itu konstan.
yah mungkin kan perlu proses pembersihan gitu, kan lama. Kalo lama kan anak2 suka ga sabaran. Jadi suruh hemat air

nandaz

...ada yang tau berapa perbandingan air tawar dan air laut? ??? perasaan dulu pernah baca tetapi lupa berapa, dan kalo ngga salah juga ada perbandingan air tawar yang ada di kutub utara jauh lebih banyak dari pada diseluruh daratan, sungai, danau , dll
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

mochasa

yg jls 2/3 wilayah indonesia adlh air.
jls sekali perbandinganny air laut jauh lbh bnyk drpd air tawar

bioboys

numpang komen bang. mf lw salah maklum baru belajar hehehe. setau saya memang betul air jumlahnya dibumi itu tetap tapi dalam bentuk yang berbeda bisa dalam bentuk uap air, es, salju dan lain-lainnya. terus knpa kita mesti menghmt bahkan perlu mengadakan konservasi tentang air, menurut saya kuantitas air memang banyak dan konstan tetapi kualitas air yang bisa mengalami penurunan. bisa dibayangkan pertambahan jumlah penduduk yang terjadi tentunya menambah kebutuhan akan air, ditambah lagi dengan pembangunan yang berkembang pesat yang mengubah daerah serapan menjadi daerah pemukiman sehingga air sepertinya butuh diadakan konservasi agar kualitas dan kuantitas tetap terjaga untuk memenuhi kebutuhan manusia. jd, tidak salahnya kita untuk menghemat air. seperti kata iklan "Hemat Beb" hehehe