Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 26, 2020, 05:09:12 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139604
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 197
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 26
Total: 26

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: mesin UHT, cara kerja mesin UHT  (Dibaca 7806 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sintaaamaria

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
  • ForSa!
mesin UHT, cara kerja mesin UHT
« pada: Juli 03, 2018, 03:51:45 PM »
Siapa sih yang nggak kenal dengan minuman sehat bernama susu sapi? Pernah penasaran juga, nggak dengan mesin UHT, cara kerja mesin uht? Ternyata, di balik kelezatan serta jaminan mutu kesehatan susu UHT, terdapat proses rumit luar biasa yang menggandeng teknologi tinggi pasteurisasi susu sapi segar.

[url]Mesin UHT, cara kerja mesin uht, [https://www.tetrapak.com/l]memiliki prinsip kerja yang sangat mengedepankan higienitas tinggi. Bahkan, sejak pasokan susu segar (mentah) diterima, tidak ada kontak langsung tangan manusia. Kontak langsung dengan tangan baru didapati saat pegawai toko/supermarket menata susu-susu UHT di rak display. Bisa dibayangkan bukan, betapa terjaganya sisi kebersihan dan minimalisasi pencemaran susu sapi segar, sehingga menghasilkan susu berkualitas tak kurang nilai gizi dan kandungannya.

Sekelumit tentang peralatan pendukung dan prasarana proses produksi susu UHT, antara lain:
1. Storage Tank
Tangki penyimpanan yang berbahan stainless steel, dan memiliki fungsi untuk penampungan susu segar sebelum memasuki tahapan proses berikutnya. Tangki ini juga dilengkapi dengan pengaduk (agiator), yang berbentuk baling-baling berdaya 0,75 HP.
2. Balance Tank
Tangki pengatur memiliki ukuran dimensi 0,6 x 1m dan juga berbahan stainless steel. Memiliki fungsi sebagai pengatur kecepatan aliran susu dari tangki penyimpanan (storage tank), menuju proses berikutnya. Dilengkapi dengan pengapung (pengatur utama kecepatan aliran di dalam tangki), agitator, dan penyaring (filter).
3. Mixing Tank
Tangki pencampur sebagai tempat pencampuran bahan baku dengan bahan pembantu lainnya. Berbahan stainless steel yang dilengkapi dengan glass wool, yang berfungsi untuk menstabilkan suhu susu.
4. Plate Heat Exchanger Pasteurizer
Plate Heat Exchanger (PHE) adalah plat-plat logam yang di dalamnya terjadi proses pertukaran panas antara pemanas (steam) dengan susu. Pada bagian ini, proses pasteurisasi dilakukan dengan beberapa tahapan: (a) pemanasan regeneratif, (b) pemanasan, (c) holding heat section, (d) pendinginan regeneratif.
5. Corong Pencampur
Berfungsi sebagai pencampur serta pelarut bahan-bahan pembantu, seperti gula, garam, skim, emulsifier, penstabil, dll. Bahan pembantu tersebut masih berbentuk padat/bubuk, sehingga perlu dilarutkan dahulu, kemudian disaring, lalu dialirkan ke tangki pencampur.
6. Homogenizer
Alat ini berguna untuk melakukan pemecahan globula-globula lemak (gumpalan lemak), agar memiliki ukuran yang sama (homogen). Prinsip kerjanya adalah mengalirkan susu melalui celah tertentu dengan tekanan yang telah disesuaikan. Efek dari perbedaan tekanan dengan aliran celah, maka akan timbul gelembung-gelembung uap yang kemudian pecah dan bisa memperkecil ukuran globula.
7. Sterilizer
Sebagai pensteril produk agar terbebas dari spora dan mikroorganisme lainnya. Dilengkapi dengan Tubular Heat Exchanger (THE), yang berbentuk pipa berlapis-lapis, dengan bahan stainless steel.
8. Aseptic Filling Machine
Alat berbahan stainless steel ini berfungsi untuk mengisi serta mengemas susu UHT yang telah jadi.
9. Straw Machine
Mesin pembuat sedotan dengan fungsi kerja meniup adonan polipropilen (bahan baku sedotan) melalui celah kecil, sehingga membentuk rongga sedemikian rupa.
10. Straw Packer
Alat pengemas sedotan ke dalam bungkus plastik.
11. Straw Applicator
Alat penempel sedotan pada sisi kemasan susu UHT yang telah jadi.
12. Cardboard Packer Machine
Mesin pengepak yang berfungsi untuk mengemas susu UHT yang telah jadi, ke dalam box karton. Dilengkapi oleh alat yang bernama hot melt tank, yang berguna untuk menampung serta mengatur keluarnya lem perekat segel box.

Demikianlah sedikit cerita di balik mesin UHT, cara kerja mesin uht. Bisa dipastikan dengan proses yang tidak sederhana seperti di atas, maka higienitas dari susu UHT dapat terjaga 100%, tanpa mengurangi sisi kandungan gizi serta nutrisinya.

Offline Rupi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 2
  • ForSa!
Re: mesin UHT, cara kerja mesin UHT
« Jawab #1 pada: Februari 01, 2020, 11:42:35 AM »
Wahhhh, makasih banyak untuk pengetahuannya kak ;D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
safari mesin..??

Dimulai oleh viadella Fisika

1 Jawaban
4290 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 12, 2008, 07:42:06 AM
oleh reborn
0 Jawaban
2549 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2008, 11:40:28 AM
oleh reborn
1 Jawaban
5845 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 04, 2008, 01:59:53 AM
oleh reborn
Mesin Uap

Dimulai oleh Rosyid Fisika

0 Jawaban
2798 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2009, 03:17:35 PM
oleh Rosyid
3 Jawaban
35625 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2017, 11:05:20 AM
oleh hakim123dl