Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 28, 2022, 04:23:35 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 75
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 64
Total: 64

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pengolahan limbah plastik di Indonesia

Dimulai oleh reborn, Agustus 06, 2008, 10:00:31 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Semalem gw tumben-tumbenan nonton tipi  ;D Ternyata mayan juga, paling gak gw jadi tau ada bisnis kloning anjing di korea. Trus juga semalem ada berita tentang pengolahan limbah plastik. Bangladesh katanya sukses menjadikan plastik jadi salah satu sumber devisa negara mereka. Mereka udah dikenal sebagai pengekspor bubur plastik. Katanya mencapai 10 juta USD, wew... canggih juga ya?

Mau tanya, di Indonesia ada ga pengolahan limbah plastik ini? Bagus nih, patut ditiru. Daripada tiap hujan harus nelan korban karena banjir, mending mulai diolah malah jadi devisa. Trus bayangin berapa banyak tenaga kerja yang terserap di sini nantinya?

rawWARus

kayaknya udah ada tapi cuma belum bersifat makro aja, masih skala kecil, jadi blm begitu kelihatan...ada jg kemarin kompor bahanbakar plastik bekas yg dilumerkan, trus kebanyakan sampah plastik yg dihitung masih bs diolah dijadikan board motor & mobil atau kerajianan
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

reborn

iya, harusnya dirancang biar bisa lebih besar, Bangladesh aja bisa ekspor, masa Indo ga bisa? Eh, iya dulu sempet populer kan tuh botol aqua yang bisa dituker Rp 5, kabarnya gimana skrg, masih ada ga? Kalo masih, jualnya ke mana?

rawWARus

Y mungkin blm ada ide x bikin suatu produk yg bs nyerap bahan baku limbah plastik skala besar atau  mungkin blm ada dana...
ya jual aja ketukang loak.. ;Dtapi masih banyak kok pengepul plastik aqua, yg paling terlihat klo naik KA ekonomi(udah biasa hehehe)banyak yg ngumpulin botol2 aqua dan sejenisnya
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

reborn

Kalo bisa sampe 10 juta dollar? wuihh... investasi yang menjanjikan dong harusnya. Mayanlah buat nambal apbn negara. Jadi pengen tau gw nih, dah ada blm ya program pengolahan plastik ini?

uzik-sama

wah lumayan banget kalo bisa seperti itu, setengahnya aja udah gede kok (sampah gi loh yang di ekspor).

di jepang khan dikembangin teknologi ngerubah tas plastik menjadi minyak, itu gimana ya sistemnya?

FAHRURRAZI

cocok kalau indonesia mengembangkan sampah menjadi komoditas ekspor ketimbang pengekspor asap bilangnya ...malaysia ;D ;D ;D

rawWARus

ya tp sayangnya kayaknya indonesia yg jadi salah satu pasar dari hasil pengolahan limbah plastik tadi...
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

fesa

sedikit tips membuat limbah plastik jadi pernak-pernik seperti gantungan kunci
pertama sampah plastik/polimer (botol aqua gelas) kita hancurkan menjadi kecil2 lalau tambahkan pelarut silen teknis dan panaskan dikit gak usah terlalu panas karena pemanasan dilakukan bukan untuk mencairkan plastiknya tapi untuk menguapkan silent teknis doang, lalau masukkan dalam cetakan yg dilengkapi dengan alat press dan juga pemanas. selanjutnya ekspresikan aksimu :kribo: :kribo: :kribo:

pai99

bukannya sekarang sudah ada bakteri yang bisa degradasi plastik iah??
tapi masih langka siy..

di lab genetika fakultas awak ada proyek dosen untuk ngembangin strain bakteri ntu,,
ntar de awak cari dulu infonya
Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i

Jessita Dhiary

waduh,,kayanya gue agak ketinggalan berita ya..hehe..
emang limbah plastik bisa dibuat apaan aja sih??mmm...selain pernak pernik ya..!!
JESSITA PUTRI DHIARY

topazo

#11
Ada berita yang lumayan baru nih (saya baru dapet maksudnya)...
Perusahaan Jepang bernama Blest berhasil menciptakan mesin yang bisa membuat minyak dari plastik (skala rumahan)... Jadi, plastik dimasukin ke mesin itu, dan terurailah sang plastik kembali menjadi minyak... (kan memang plastik berasal dari minyak bumi)... Nah, minyak tersebut bisa dipakai untuk generator ataupun menyalakan mesin2... (asal jangan dijadiin minyak goreng aja...)

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

reborn

wuih, baru baca lagi topik jadul ini. Bisa jadi minyak juga ya? Wah, keren banget.

Jadi kepikiran lagi soal pengolahan sampah plastik. Sempet browsing kemaren2, ada yang jual mesinnya dan kayaknya dah cukup banyak yang ngelakuin ini di Indo. Tapi gw belum tau detilnya seperti apa. Sampah plastik ini ada berapa macem, bisa diolah jadi apa aja, dan dijual ke mana. Sejauh ini yang udah dilakuin di Indo apa aja. Pokoknya semuanya deh. Ntar gw coba cari-cari dan bagi di sini juga kalo nemu.

Ace Wong

Teman teman, sy baru bergabung nich di forum ini.

Saya sudah sejak 3 tahun lalu mencoba mengolah limbah plastik dan sudah memproduksi biji plastik berbahan baku pp (poly propylene) yg dari gilingan gelas mineral (aqua, aedes, viro, dlll) kalau ada yg melakukan proses penggilingan bisa menjual produk gilingannya kesaya dan saya juga main di semua bahan yg penting berbasis PP saja. demikian infonya tq :)

tj_david

wah pengolahan daur ulang limbah plastik kayaknya menguntungkan, sama juga dengan kaca.
tapi bersihin yang kotor2 gimana? trus gimana miliin, mana yang thermoplastic mana thermosetting. ntar kalo kecampur rusak donk?
kalo daur ulang logam kayaknya udah banyak
Tanda tangan