Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 07:02:16 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 12
Total: 12

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

membuat robot yang mudah dan murah

Dimulai oleh YASMA, Juli 01, 2009, 12:08:17 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

YASMA

bagaimna yah cara membuat robot yang murah dan mudah bagi pra pemula sekali?

katannya sih ada prodak arduino indonesia

minta tanggapannya arduino indonesi !!!!

cartiman

Bahasa pemrogrammannya pakai bahasa apa ?

LUTFI_FAISAH

arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...

ergie007


halayudha

#4
gue baru beli
arduino dengan atmega 328 rp 300000

Mat Dillom

Mau murah yah gampang. Buatlah yang upprogrammable. Hanya pakai motor, saklar, dan switch. Kalau robot yang linefollower bisa tambahain sensor LDR misalnya.

Gak sampe 100 ribu udah jadi. Apalagi kalau pake motornya bekas tape beli di tukang loak misalnya. Paling 25 ribu udah jadi tuh.

jopie

#6
Kutip dari: LUTFI_FAISAH pada Agustus 14, 2009, 09:13:58 AM
arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...

Ya beda dong mas... Line follower cuma 100.000 kan cuma bisa bikin line follower doang  ::). Arduino bisa membaca macam2 sensor, RFID, GPS dan menggerakan bermacam2 alat: servo, stepper, motor, dsb. Dan sudah tentu bikin robot (bukan hanya robot line follower), mangka nya harganya beda.

Ane beli lebih murah, di bawah 300 rebu. Bisa praktek macam dan udah dipake bikin proyek bisnis. Lumayan lah....  ;D


cartiman

#7
Kutip dari: jopie pada Mei 19, 2010, 10:09:49 PM
Kutip dari: LUTFI_FAISAH pada Agustus 14, 2009, 09:13:58 AM
arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...

Ya beda dong mas... Line follower cuma 100.000 kan cuma bisa bikin line follower doang  ::). Arduino bisa membaca macam2 sensor, RFID, GPS dan menggerakan bermacam2 alat: servo, stepper, motor, dsb. Dan sudah tentu bikin robot (bukan hanya robot line follower), mangka nya harganya beda.

Ane beli lebih murah, di bawah 300 rebu. Bisa praktek macam dan udah dipake bikin proyek bisnis. Lumayan lah....  ;D



Thanks refferensinya

Arief Widagdo


jopie

#9
Kutip dari: Arief Widagdo pada Juni 20, 2010, 04:56:15 PM
IC yang Arduino pakai jenis apa ya?

Kalau yang dipake di Arduino Duemilanove adalah ATMega 328.
Di board sebelumnya ada yang pake ATMega 168, ada juga yang pake ATMega8.

Mat Dillom

#10
Kutip dari: jopie pada Mei 19, 2010, 10:09:49 PM
Kutip dari: LUTFI_FAISAH pada Agustus 14, 2009, 09:13:58 AM
arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...



Ya beda dong mas... Line follower cuma 100.000 kan cuma bisa bikin line follower doang  ::). Arduino bisa membaca macam2 sensor, RFID, GPS dan menggerakan bermacam2 alat: servo, stepper, motor, dsb. Dan sudah tentu bikin robot (bukan hanya robot line follower), mangka nya harganya beda.

Ane beli lebih murah, di bawah 300 rebu. Bisa praktek macam dan udah dipake bikin proyek bisnis. Lumayan lah....  ;D



300 ribu dapat apa aja? apa mending bikin sendiri bagi yg tahu elektronika digital?.

Setelah baca websitenya, saya rekomendasikan sih buat pemula dibidang robotika dan mikrokontroler. Pola jualannya cukup mendidik dan mudah dipahami. Saya bertahun-tahun pengen belajar mikrokontroler gak sempet karena rumitnya butuh waktu. Saya belum ada waktu untuk belajar. Tapi liat cara arduino, kayaknya dengan waktu sebentar kita dapat bikin program canggih deh.

jopie

#11
Kutip dari: Mat Dillom pada Juni 20, 2010, 10:03:52 PM
Kutip dari: jopie pada Mei 19, 2010, 10:09:49 PM
Kutip dari: LUTFI_FAISAH pada Agustus 14, 2009, 09:13:58 AM
arduino indonesi, tp mahal ya...

line folower ga sampe 100.000...



Ya beda dong mas... Line follower cuma 100.000 kan cuma bisa bikin line follower doang  ::). Arduino bisa membaca macam2 sensor, RFID, GPS dan menggerakan bermacam2 alat: servo, stepper, motor, dsb. Dan sudah tentu bikin robot (bukan hanya robot line follower), mangka nya harganya beda.

Ane beli lebih murah, di bawah 300 rebu. Bisa praktek macam dan udah dipake bikin proyek bisnis. Lumayan lah....  ;D



300 ribu dapat apa aja? apa mending bikin sendiri bagi yg tahu elektronika digital?.

Setelah baca websitenya, saya rekomendasikan sih buat pemula dibidang robotika dan mikrokontroler. Pola jualannya cukup mendidik dan mudah dipahami. Saya bertahun-tahun pengen belajar mikrokontroler gak sempet karena rumitnya butuh waktu. Saya belum ada waktu untuk belajar. Tapi liat cara arduino, kayaknya dengan waktu sebentar kita dapat bikin program canggih deh.

nggak sampe 300rebu.

Betul sekali, dengan Arduino belajar mikrokontroler jadi relatif mudah.
Bener2 gampang deh, jadi ketagihan pengen coba praktek2 mikrokontroler, robot, dll.

Cocok banget buat pemula. Karena ngga perlu bikin programmer atau ngerti bahasa yang rumit (mis: assembler). Walupun begitu, kenyataannya banyak profesional juga yang pake, bukan cuma pemula.

Oya, kalo buat yang jago sih bisa bikin sendiri. Tapi kalo buat pemula sih mending beli, jadi nggak pusing mikirin cara bikin programmer, upload bootloader, dsb.

Mat Dillom

@ Jop, udah ane baca semua. Makanya ane rekomendasikan buat pemula. Saya salut cara indo robotika membuat website dagangannya. Bernilai pendidikan banget, bahasa yg lugas dan mudah dipahami. Yah begitu kalau dagang. Jangan cari untung aja. Semoga usahanya maju.

Arief Widagdo

Kutip dari: Mat Dillom pada Juni 20, 2010, 11:01:04 PM
@ Jop, udah ane baca semua. Makanya ane rekomendasikan buat pemula. Saya salut cara indo robotika membuat website dagangannya. Bernilai pendidikan banget, bahasa yg lugas dan mudah dipahami. Yah begitu kalau dagang. Jangan cari untung aja. Semoga usahanya maju.
Amin,kita dukung deh

aleardho

Trims infonya Pak, kebetulan lagi nyari2 info soal robot nih, pengen coba belajar ;)