Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 29, 2024, 12:02:18 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 142
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 93
Total: 93

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

RPG(role playing game)

Dimulai oleh nandaz, April 04, 2010, 06:01:07 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nandaz

...pernah main game RPG (role playing game), di jepang game ini sangat terkenal,selain terkenal kesulitannya juga mengasah otak dan bikin2 strategi tertentu dalam perang(seperti final fantasy yang sekarang sampe ke 11, ragnarok, warcraft, cronocross, wild arms, tales destiny, suikoden, breath of fire), sering banyak diantara game seperti ini dikasih Cheat biar lebih mudah, tanpa Cheat justru akan lebih menarik bagiku...ada yang tau bagaimana sih bikinnya, apa sangat rumit dan apa sistem komputasi yang mengebolasi game yang tergolong solid akan event2 yang takterduga ini....?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

idiotique_hebb

Belom pernah bikin juga, tapi kalo diliat dari karakterisktik game RPG, ada beberapa yang tergolong harus ada/wajib di game RPG :

1. AI (artificial inteligence)
2. Leveling System (untuk level karakter)
3. Item Management (untuk status2 item)
4. Character Management (untuk status2 /job character)
5. Dan kebutuhan2 game pada umumnya, Map, Sprite, Game Engine dll.

Dari semua kebutuhan2 itu (skill, job, status, item) dijadikan di database2 yang terpisah, kemudian kita bikin interfacenya (sprite / map) nya yang mengakses database tersebut. Database disini ndak melulu melalui SQL, tapi bisa juga berupa file text yang berisi parameter2 untuk sebuah fungsi. Jika kita sudah bisa mendefinisikan keperluan2 dasar dari sebuah game RPG, seperti contohnya adalah sebuah "item potion", dalam game RPG (buat yang pernah maen) biasanya ada beberapa macam potion yang berbeda tergantung dari tingkat heal rate nya, jika kita sudah mempunyai function untuk healing ini, kita tinggal hanya merubah heal rate parameter nya di database tanpa harus scratching di source code. Demikian juga dengan item2 yang lain, skill, job character, status dll.

Jika kita bicara tentang event2 yang tak terduga, itu berhubungan dengan game play yang diterapkan, dan sangat tergantung dari kreatifitas sang game creator:)
Lagi belajar Objective C / GNUStep / Cocoa API
Kroper for Mac : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

nandaz

thanks, infonya..
btw ternyata sudah ada RPG Maker baik tiu buat PC maupun PS, disana kita bisa bikin event, job status dan item2 sepuasnya...sayangnya aku lagi cari2 kaset itu tuh buat bikin RPG ciptaanku, dikota ku be;lum nemu2, kalo ada info lagi tolong share yo...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Farabi

Game RPG lebih mudah pembuatannya karena tidak perlu melibatkan physic engine yang njelimet. Yang membuat sebuah game RPG menjadi proyek besar adalah dialog antar pemain. Kalo ada yang ahli animator yuk kita bikin game RPG, saya yang jadi programmernya.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

MonDay

kata dosen sy dalam membuat game hrs mengerti pemodelan sistem berorientasi objek

utusan langit

game RPG (dan kebanyakan game lainnya) memang menggunakan OOP. sekarang ini banyak tools yang bisa digunakan untuk membuat game game yang ada dipasaran : misalnya FPS Creator itu bisa digunakan untuk membuat game seperti CS atau COD,